ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PASAR TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN RAYA PANTURA CIBITUNG – PASAR INDUK CIBITUNG)

Prayitno, Ghifari Dwi Setyo (2024) ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS PASAR TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN RAYA PANTURA CIBITUNG – PASAR INDUK CIBITUNG). S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_GhifariDwiSP_11117005_AWAL.pdf] Text
TA_GhifariDwiSP_11117005_AWAL.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of TA_GhifariDwiSP_11117005_BAB 1.pdf] Text
TA_GhifariDwiSP_11117005_BAB 1.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of TA_GhifariDwiSP_11117005_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TA_GhifariDwiSP_11117005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of TA_GhifariDwiSP_11117005_Jurnal TA.pdf] Text
TA_GhifariDwiSP_11117005_Jurnal TA.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian bermula oleh adanya kemacetan yang baik sebelum dan sesudah perbaikan Pasar Induk Cibitung. Aktivitas yang dapat menyebabkan kemacetan diantaranya orang yang berangkat/pulang kerja, berangkat/pulang bersekolah, dan keperluan lainnya yang biasa terjadi pada pagi hari dan sore hari bertepatan dengan aktivitas pasar induk cibitung. Dalam kondisi aktual, Masih terjadi kemacetan yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor dari arus lalu lintas tersebut setelah perbaikan Revitalisasi Pasar Induk Cibitung. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengamati faktor penyebab kemacetan dan menghambat kinerja lalu lintas yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel di 7 titik berbeda dari 3 persimpangan yang dipengaruhi langsung oleh mobilisasi aktifitas Pasar termasuk pengambilan titik survey hambatan samping ada 4 titik di bagian kanan ruas jalan dan kiri ruas jalan. Setelah diamati dan dianalisis, potensi kemacetan di ruas jalan sangat besar terjadi pada simpang tiga pukul 18.00 – 19.00, dengan derajat kejenuhan sebesar 1.01 pada hari Kamis 16 Mei 2024 dan 1,07 pada hari Sabtu 18 Mei 2024 sehingga perlu dilakukan perbaikan, penulis melakukan simulasi menggunakan alternatif simpang APILL dengan isyarat lampu lalu lintas dan berhasil menurunkan nilai derajat kejenuhan menjadi 0,71 pada hari Kamis dan 0,75 pada hari Sabtu. Setelah dievaluasi, melalui simulasi projection sampai dengan tahun 2030 solusi yang diberikan dapat bertahan sampai dengan tahun 2028 dengan derajat kejenuhan ≥ 0,85.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Armijaya, Henry
NIDN0402047304
Thesis advisor
Prasetyo, Leo Bambang Budi
NIDN0406117301
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Kinerja Lalu Lintas, Ruas, Simpang, Derajat Kejenuhan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 15 Nov 2024 09:31
Last Modified: 15 Nov 2024 09:31
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item
View Item