UJI EFEKTIFITAS KEBIJAKAN SISTEM NOMOR KENDARAAN GANJIL-GENAP DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS : JL. JENDERAL SUDIRMAN)

Fadhli, Muhammad Edo (2019) UJI EFEKTIFITAS KEBIJAKAN SISTEM NOMOR KENDARAAN GANJIL-GENAP DI DKI JAKARTA (STUDI KASUS : JL. JENDERAL SUDIRMAN). S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_113.14.004_MUHAMMAD EDO FADHLI_AWAL.pdf] Text
TA_113.14.004_MUHAMMAD EDO FADHLI_AWAL.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of TA_113.14.004_MUHAMMAD EDO FADHLI_BAB 1.pdf] Text
TA_113.14.004_MUHAMMAD EDO FADHLI_BAB 1.pdf

Download (580kB)

Abstract

Masalah kemacetan transportasi lalu lintas memang sering kali terjadi di daerah- daerah perkotaan yang ada di Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Kemacetan lalu lintas akan membuat pertumbuhan perekonomian di Jakarta ikut melambat serta kemacetan juga akan membuat biaya transportasi barang dan jasa menjadi mahal, dengan terjadinya kemacetan maka kendaraan tidak bisa mencapai tujuan dengan tepat waktu. Berbagai strategi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan, salah satunya adalah kebijakan sistem ganjil genap, kebijakan ini berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 164 Tahun 2016 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Dengan adanya kebijakan sistem nomor kendaraan ganjil-genap yang diberlakukan dapat mengurangi kemacetan di DKI Jakarta dan diharapkan sebagian besar masyarakat akan beralih menggunakan transportasi umum untuk melakukan aktifitas. Studi ini bermaksud untuk menguji efektifitas kebijakan sistem nomor kendaraan ganjil-genap di jalan Jenderal Sudirman DKI Jakarta. Definisi efektifitas yang dimaksud dalam studi ini adalah ketepatgunaan suatu program untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu ketepatgunaan kebijakan sistem nomor kendaraan ganjil-genap yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan sekaligus membuat masyarakat berpindah moda ke angkutan umum. Penelitian ini menggunakan analisis LOS (Level of Service), analisis perpindahan moda, dan analisis preferensi masyarakat terhadap angkutan umum. LOS (Level of Service) atau tingkat pelayanan jalan adalah salah satu metode yang digunakan untuk menilai kinerja jalan yang menjadi indikator efektifitas kebijakan sistem ganjil-genap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem ini terbukti efektif dengan adanya perubahan volume kendaraan, perpindahan moda transportasi dan menurunnya nilai VCR (Volume Capacity Rasio) di ruas jalan Jenderal Sudirman.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Widodo, Heru
NIDN0419058204
Uncontrolled Keywords: Ganjil-genap, efektifitas, LOS (Level of Service), VCR (Volume Capacity Rasio)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:16
Last Modified: 11 Jul 2024 08:16
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item
View Item