KAJIAN POTENSI PENINGKATAN KAPASITAS BANDARA DITINJAU DARI ASPEK WAKTU TUNGGU PENUMPANG KELUAR BANDARA. STUDI KASUS : TERMINAL 1 BANDARA SOEKARNO-HATTA

Suryani, Valentina Eva (2019) KAJIAN POTENSI PENINGKATAN KAPASITAS BANDARA DITINJAU DARI ASPEK WAKTU TUNGGU PENUMPANG KELUAR BANDARA. STUDI KASUS : TERMINAL 1 BANDARA SOEKARNO-HATTA. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_113.15.317_VALENTINA EVA SURYANI_AWAL.pdf] Text
TA_113.15.317_VALENTINA EVA SURYANI_AWAL.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of TA_113.15.317_VALENTINA EVA SURYANI_BAB 1.pdf] Text
TA_113.15.317_VALENTINA EVA SURYANI_BAB 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bandara Internasional merupakan bandara berkapasitas besar yang memiliki rute penerbangan langsung antara negara/benua dan sebagai penghubung dengan bandara lokal lainnya. Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara Internasional tersibuk di Indonesia. Hal ini dikarenakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki banyak rute penerbangan langsung baik domestik maupun non-domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan preferensi penumpang terhadap prioritas pemilihan moda dan dan faktor yang mempengaruhi moda. Dengan mengetahui persepsi dan preferensi penumpang kita dapat menyimpulkan keinginan dan harapan penumpang terhadap waktu tunggu saat keluar bandara. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu terhadap kapasitas Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif digunakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk angka-angka yang bermakna. Hasil penelitian ini menunjukan prioritas tertinggi penumpang secara berurutan adalah bus damri, kendaraan pribadi, kendaraan online, travel, kereta bandara, dan yang terakhir taksi. Dengan faktor terpenting dalam pemilihan moda diantaranya secara berurutan adalah adalah kenyamanan, wakut tunggu yang cepat, keamanan, ketepatan waktu pelayanan, kemudahana mendapatkan moda, dan yang terakhir adalah fasilitas. Hasil penelitian ini menunjukan waktu tunggu rata-rata penumpang kedatangan Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta adalah 63 menit. Setelah kapasitas dihitung dengan menggunakan variabel waktu tunggu, ternyata menghasilkan kapasitas yang berbeda. Semakin cepat waktu tunggu penumpang, maka kapasitas yang dihasilkan semakin besar. Sedangkan untuk kasus Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, dengan mengurangi waktu tunggu menjadi 45 menit, kapasitas Terminal 1 Bandara-Soekarno-Hatta sudah mencukupi untuk menampung seluruh penumpang kedatangan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
UNSPECIFIED
Rusdiana, Dadi
NIDN0411077507
Thesis advisor
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bandara, Faktor Pemilihan Moda, Kapasitas Dinamis Kapasitas Statis, Persepsi dan Preferensi waktu tunggu Penumpang
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:54
Last Modified: 11 Jul 2024 07:54
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item
View Item