ANALISIS KERUGIAN EKONOMI AKIBAT DARI HAMBATAN SAMPING DI JL. YOS SUDARSO CIKARANG UTARA

Pratama, Aldi (2023) ANALISIS KERUGIAN EKONOMI AKIBAT DARI HAMBATAN SAMPING DI JL. YOS SUDARSO CIKARANG UTARA. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_Aldi Pratama_111.15.011_AWAL.pdf] Text
TA_Aldi Pratama_111.15.011_AWAL.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of TA_Aldi Pratama_111.15.011_BAB 1.pdf] Text
TA_Aldi Pratama_111.15.011_BAB 1.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of TA_Aldi Pratama_111.15.011_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TA_Aldi Pratama_111.15.011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of TA_Aldi Pratama_111.15.011_JURNAL.pdf] Text
TA_Aldi Pratama_111.15.011_JURNAL.pdf

Download (685kB)

Abstract

Kecamatan Cikarang Utara sebagai dari Pusat Bisnis (Central Bussines District) memiliki beberapa fasilitas umum seperti stasiun kereta api, pasar tradisional, pertokoan, dan pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Cikarang Utara. Hambatan di tepi jalan sering kali berkaitan dengan adanya aktivitas sosial dan ekonomi, yaitu adanya parkir di badan jalan yang dikarenakan terdapat pertokoan yang tidak menyediakan tempat parkir, sarana angkutan umum yang menurunkan penumpang disembarang tempat serta lalu lalangnya orang untuk menyeberang yang menyebabkan kapasitas jalan mengalami penurunan. Hal ini mengakibatkan ruas Jalan Yos Sudarso yang memiliki desain geometrik jalan 1 jalur 2 arah seperti yang ditunjukan oleh gambar 1 menjadi tersendat dan menimbulkan kemacetan pada saat jam – jam sibuk, kemacetan yang terjadi mengakibatkan meningkatnya biaya operasional kendaraan, sehingga dapat menimbulkan kerugian yang akan diterima oleh para pengguna jalan diruas tersebut.rnPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerugian BOK yang dialami oleh pengendara diruas Jalan Yos Sudarso akibat dengan adanya hambatan samping dan kehilangan nilai waktu dengan adanya hambatan samping. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui survey, observasi lapangan, dan studi literatur. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kapasitas jalan, volume kendaraan, kecepatan kendaraan dan biaya operational kendaraan. Teknik analisis data yang digunakan melalui survey, observasi lapangan, dan evaluasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) volume kendaraan yang didapat pada jam sibuk (peak hour) pada hari Rabu, 27 Oktober 2022 terjadi pada pukul 07.00-08.00 WIB dengan jumlah kendaraan sebesar 1646 smp/jam, 2) hambatan samping yang terjadi di Jalan Yos Sudarso menyebabkan terjadinya penurunan kapasitas jalan dari 3473 smp/jam menjadi 2152 smp/jam, dan 3) nilai kerugian biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu akibat dari adanya hambatan samping di Jl. Yos Sudarso sebesar Rp. 5.643.654,67/kend/jam/200m dan Rp. 2.059.933.954,92/kend/tahun/200m.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Prasetyo, L. Bambang Budi
NIDN0406117301
Thesis advisor
Armijaya, Henry
NIDN0402047304
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional Kendaraan, Hambatan Samping, Kerugian Ekonomi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:58
Last Modified: 26 Jul 2024 08:58
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item
View Item