PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PRASOSIAL ANAK USIA LIMA SAMPAI ENAM TAHUN DI LINGKUNGAN RUMAH SUSUN

Rahman, Gifar Aulia (2019) PERANCANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PRASOSIAL ANAK USIA LIMA SAMPAI ENAM TAHUN DI LINGKUNGAN RUMAH SUSUN. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_131.14.012_GIFAR AULIA RAHMAN_AWAL.pdf] Text
TA_131.14.012_GIFAR AULIA RAHMAN_AWAL.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of TA_131.14.012_GIFAR AULIA RAHMAN_BAB 1.pdf] Text
TA_131.14.012_GIFAR AULIA RAHMAN_BAB 1.pdf

Download (160kB)

Abstract

Perkembangan perilaku prasosial anak menjadi sebuah kepentingan yang harus di ajarkan kepada anak khususnya pada usia golden age yaitu pada anak usia 0 sampai 8 tahun, pada usia golden age anak mudah menangkap pengetahuan di lingkungan seperti bekerjasama, bersimpati, dan berinteraksi, maka pada usia 0 sampai 8 tahun waktu yang tepat untuk mengajarkan berperilaku prasosial di lingkungan sekitarnya. Rumah susun adalah rumah bertingkat yang dibangun untuk warga yang terkena dampak reloklasi daerah, warga yang terkena relokasi harus tinggal di rumah susun dan mulai beradaptasi kembali dengan lingkungan baru, khususnya Anak – anak yang biasanya memiliki sebuah aktifitas bermain bersama anak – anak lain, tetapi karena dampak reloklasi membuat anak harus beradaptasi dengan anak lain. Pengaruh kehidupan disekitar dapat menimbulkan berbagai dampak bagi anak seperti kurangnya interaksi antar anak, kurangnya rasa simpati, kurangnya rasa kerjasama anak. Masalah tersebut, di teliti kembali dengan cara observasi pada anak usia 5 sampai 6 tahun di rumah susun rawa. Hasilnya menunjukan bahwa perilaku prasosial anak di rumah susun sangat kecil seperti anak bermain dengan teman dari seblok rusun dan tidak mau bermain dengan anak lain Karena beda blok rumah susun. Kegiatan bermain anak di rumah susun dilakukan di area sosiofugal seperti koridor dan teras rumah susun yang diperuntukan untuk jalan atau melintas warga tetapi anak sering dan gemar bermain di area sosiofugal karena area tersebut dekat dengan rumah dan tidak terkena panas dan hujan karena area sosiofugal terdapat di dalam gedun rumah susun. Menurut referensi jurnal perilaku prasosial dapat dicapai dengan metode permainan seperi alat permain edukasi, dengan memberikan alat permainan edukatif pada anak-anak saat mereka sedang bermain, merupakan hal penting mengingat banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari alat permainan edukatif tersebut. Denagn demikian, dapat disimpulakn bahwa perlunya media belajar untuk mengembangkan perilaku prasosial anak usia 5 sampai 6 tahun di lingkungan sosiofugal rumah susun dengan media belajar berupa alat permainan untuk mengembangkan perilaku prasosial anak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Aulia, Wildan
NIDN0429108201
Uncontrolled Keywords: Perkembang perilaku prasosial anak di lingkungan rumah susun, area sosiofugal seperti koridor dan teras sebagai area yang digemari anak, Alat Permainan Edukasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Produk
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:02
Last Modified: 15 Jul 2024 08:02
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item