PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DASAR CHERRY SCHOOL DI CIKARANG MELALUI PENDEKATAN MONTESSORI

Afrida, Alya Nurul (2020) PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH DASAR CHERRY SCHOOL DI CIKARANG MELALUI PENDEKATAN MONTESSORI. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_AWAL.pdf] Text
TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_BAB 1.pdf] Text
TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_BAB 1.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_JURNAL.pdf] Text
TA_Alya Nurul Afrida_132.16.007_JURNAL.pdf

Download (820kB)

Abstract

Pada era modernisasi saat ini, dimana terlalu sedikitnya penekanan pendidikan yang layak bagi anak, pandangan yang mendalam dan metode pengajaran Montessori yang penuh inspirasi dapat memperkenalkan metode pembelajaran baru dan yang menyenangkan dalam dunia pendidikan. Munculnya ide untuk menciptakan Sekolah Montessori adalah sebuah solusi alternatif yang mencoba untuk mengakomodasi perkembangan atau fenomena-fenomena baru dalam hal penyediaan sarana pendidikan untuk anak sebagai wadah pendidikan serta pengembangan kecerdasan dan kreativitas anak. Sekolah Montessori mencoba menghadirkan suasana belajar dan bermain melalui pendekatan Metode Montessori. Melalui Prinsip-Prinsip Pendidikan Montessori, yaitu kebebasan, keindahan, keteraturan, alami dan penggunaan alat peraga yang diterapkan ke dalam desain bangunan menjadikan Sekolah Montessori menjadi sebuah sekolah alternatif untuk pendidikan pra-sekolah (TK) dan sekolah dasar (SD) yang dirancang agar anak-anak tumbuh dengan kreativitas mereka sendiri, tidak kehilangan kegembiraan masa kecil mereka, dan membuka ruang yang lebar untuk mengeksplorasi lingkungannya, yaitu dengan Metode Montessori. Selain itu, melihat perkembangan pendidikan di Cikarang yang semakin baik, diharapkan adanya Sekolah Montessori dapat menjadi persiapan awal bagi kota Cikarang untuk mewadahi kebutuhan masyarakat akan fasilitas pendidikan anak yang lebih lengkap, serta dapat melayani semua anak-anak dari semua golongan, tanpa membedakan SARA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Larasati, Mutiara Ayu
NIDN-
Uncontrolled Keywords: Montessori, sekolah dasar, kreativtas, eksplorasi.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Interior
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:49
Last Modified: 12 Jul 2024 06:49
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item