ANALISIS UKURAN KINERJA SISTEM KEDATANGAN KAPAL DAN JUMLAH KENDARAAN PADA PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK

Garsia, Fanny Arwesta (2020) ANALISIS UKURAN KINERJA SISTEM KEDATANGAN KAPAL DAN JUMLAH KENDARAAN PADA PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_AWAL.pdf] Text
TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_AWAL.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_BAB 1.pdf] Text
TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_BAB 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_JURNAL.pdf] Text
TA_111.15.007_Fanny Arwesta Garsia_JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelabuhan Merak adalah pelabuhan laut yang terletak di Kabupaten Pulo Merak, kota Cilegon , Banten, Indonesia. Pelabuhan Merak melayani akses dari ujung barat Pulau Jawa ke selatan Pulau Sumatra. Pada tahun 2018 terjadi peningkatan kunjungan pengguna layanan dan angkutan penyeberangan dari tahun sebelumnya, hal ini mengarah pada antrean yang tinggi. Penelitian ini akan membahas ukuran peningkatan sistem layanan pelabuhan Merak pada tahun 2018. Analisis yang dilakukan menggunakan model antrean First Come First Served (FCFS). Analisis untuk angkutan penyeberangan selama kondisi puncak menunjukkan nilai P0 sejumlah 0,887, Ls 0,113 unit / jam dan Ws 0,198 jam. Hasil analisis kendaraan menunjukkan nilai P0 -1,918, Ls 2,917 unit / jam, dan Ws 0,001 jam. Berdasarkan analisis diketahui terjadi antrean kendaraan pengguna jasa. Solusi alternatif penelitian dilakukan dengan 3 (tiga) skenario pemodelan. Skenario pertama untuk angkutan penyeberangan menunjukkan nilai P0 0,902, Ls 0,098 unit / jam, dan Ws 0,185 jam. Untuk kendaraan, nilai P0 0,232, Ls 0,768 unit / jam, dan Ws 0,001 jam. Skenario kedua untuk angkutan penyeberangan menunjukkan nilai P0 0,908, Ls 0,092 unit / jam, dan Ws 0,198 jam. Untuk kendaraan, nilai P0 0,114, Ls 0,886 unit / jam, dan Ws 0,001 jam. Skenario ketiga untuk angkutan penyeberangan menunjukkan nilai P0 0,938, Ls 0,063 unit / jam, dan Ws 0,229 jam. Untuk kendaraan, nilai P0 0,436, Ls 0,564 unit / jam, dan Ws 0,001 jam. Berdasarkan hasil analisis, parameter P0 dan Ls bersifat bebanding terbalik. Ketika pelayanan dapat diatasi dengan baik maka jumlah pelanggan yang diperkirakan menunggu dalam sistem menjadi berkurang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Irwan, Asep
NIDN0402128904
Thesis advisor
Prasetyo, L. Bambang Budi
NIDN0406117301
Uncontrolled Keywords: Merak Port, FCFS, Ukuran Kinerja Sistem (P 0 , Ls, Ws)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:55
Last Modified: 26 Jul 2024 08:55
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item