DESAIN FASILITAS UNTUK BELAJAR SECARA VIRTUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Hapipah, Husnun (2021) DESAIN FASILITAS UNTUK BELAJAR SECARA VIRTUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_HUSNUN HAPIPAH_131.17.011_AWAL - Husnun Hapipah.pdf] Text
TA_HUSNUN HAPIPAH_131.17.011_AWAL - Husnun Hapipah.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of TA_HUSNUN HAPIPAH_131.17.011_BAB 1.docx - Husnun Hapipah.pdf] Text
TA_HUSNUN HAPIPAH_131.17.011_BAB 1.docx - Husnun Hapipah.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of TA_HUSNUN HAPIPAH-131.17.011_JURNAL - Husnun Hapipah.pdf] Text
TA_HUSNUN HAPIPAH-131.17.011_JURNAL - Husnun Hapipah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dampak pandemi saat ini sangat berpengaruh di berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah aspek pendidikan,yang mengharuskan semua siswa dan staf pengajar melaksanakan sistem pembelajaran virtual. Penyampaian materi yang kurang maksimal karena hanya bertatap muka melalui smartphone dan laptop menjadi salah satu kekurangan dalam kegiatan belajar mengajar. Suasana yang sangat berbeda dibandingkan dengan kelas tatap muka, mewajibkan siswa dan staf pengajar kembali beradaptasi dengan keadaan yang berbeda, kehadiran fasilitas belajar virtual yang sesuai dengan standarisasi kegiatan belajar virtual menjadi salah satu aspek yang sangat diperlukan agar siswa bisa meningkatkan kembali fokus belajar dan keefektifan belajarnya. Dilakukannya studi kasus di Wilayah Kecamatan Cikarang Pusat, dengan mendatangi tiga Sekolah yaitu SDIT Tisa Islamic School, SDIT Daarul Ilmi dan SD Negeri Sukamahi 03 alasan dilakukannya studi kasus di tiga sekolah tersebut untuk melihat secara langsung perbandingan antara sekolah tatap muka dan belajar virtual baik dari segi fasilitas dan kegiatan belajar mengajar, juga dilakukannya wawancara secara detail kepada staf pengajar di masing-masing sekolah yang bernama Ibu Pipit Fitria S.Pd, Nisa Niswatun Khasanah S.Pd, Iteung Kurniawati S.Pd.Berbagai pertimbangan muncul untuk menentukan aspek ergonomi, aspek teknologi, aspek inovasi dan juga mempertimbangkan tata letak yang nyaman bagi penggunaan Fasilitas belajar virtual, tujuan dibuatnya laporan ini adalah untuk menentukan antropometri yang sesuai dengan kenyamanan siswa keteika proses belajar berlangsung, dan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai acuan untuk diberlakukannya belajar virtual yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Sanusi, Iyus Susila
NIDN0425065901
Uncontrolled Keywords: Virtual, fasilitas, sekolah dasar, fokus, standarisasi, efektif
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Produk
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:45
Last Modified: 17 Jul 2024 08:45
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item