Pratiwi, Dian (2018) SARANA PENUNJANG UNTUK METODE PEMBELAJARAN VISUAL BLUR PADA TERAPI GRAPHOMOTOR BAGI SISWA DISLEKSIA (STUDI KASUS DI SD PANTARA). S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.
TA_DIAN PRATIWI_131.13.010_AWAL.pdf
Download (138kB)
TA_DIAN PRATIWI_131.13.010_BAB 1.pdf
Download (178kB)
Abstract
Penelitian pada tugas akhir ini membahas mengenai perancangan produk yang digunakan untuk menunjang metode pembelajaran bagi Siswa Disleksia yang mengalami blur visual pada umur 7-8 tahun. Penelitian yang dilakukan adalah memfokuskan pada alat untuk membantu proses pembelajaran pada anak disleksia agar anak dapat melatih dan belajar membaca dan mengeja dengan lancar. Oleh sebab itu, tujuan perancangan ini untuk memberikan alternatif kepada anak agar dapat melatih kemampuan daya ingat serta membatu meningkatkan fokus anak dengan melihat visual pada gambar yang sudah tertera pada flash card. Metode yang digunakan untuk menemukan permasalahan dan memecahkannya dengan cepat yaitu dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara kepada narasumber yang terdiri dari psikolog dan orang tua anak. Perancangan ini menghasilkan alat yang dapat membantu kegiatan belajar anak. Alat ini dibuat dengan menggunakan material yang baik bagi anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak mampu belajar secara perlahan dan seksama, serta dapat memahami kata perkata dengan baik dan benar sesuai informasi yang ditampilkan pada flash card.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors/Pembimbing NIDN Thesis advisor Mawardi, Harry Anugrah NIDN0405048601 |
Uncontrolled Keywords: | Disleksia, visual blur, metode belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Desain > Desain Produk |
Depositing User: | Perpustakaan ITSB |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:59 |
URI: | https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/215 |