PENGEMBANGAN SISTEM FURNITURE COMPACT SEBAGAI ALAT SARANA TERAPI PENYAKIT ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK

Rahmadani, Fajar (2018) PENGEMBANGAN SISTEM FURNITURE COMPACT SEBAGAI ALAT SARANA TERAPI PENYAKIT ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_FAJAR RAHMADANI_131.12.016_AWAL.pdf] Text
TA_FAJAR RAHMADANI_131.12.016_AWAL.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of TA_FAJAR RAHMADANI_131.12.016_BAB 1.pdf] Text
TA_FAJAR RAHMADANI_131.12.016_BAB 1.pdf

Download (149kB)

Abstract

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yaitu anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan mental, intelektual, sosial, dan emosional, berbeda dengan anak normal, oleh karena itu dibutuhkan tempat khusus yang dapat mendidik serta memberikan penangana khusus bagi anak penyandang. Untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, diperlukan sarana dan prasarana yang sesuai bagi anak penyandang ADHD. Sarana dan prasarana yang dipakai untuk kegiatan terapi, belajar maupun bermain serta fasilitas – fasilitas lain sangat diperlukan perhatian khusus, karena sarana belajar maupun bermain mereka adalah tempat kegiatan belajar mengajar yang merupakan aktifitas inti dari sebuah pendidikan bagi anak penyandang ADHD. Yang harus dipertimbangkan dalam suatu desain adalah kondisi pengguna. Perwujudan furniture yang ada di sekolah harus dapat memenuhi tuntutan anak yang berkelainan. Perilaku anak menjadi keputusan utama dalam desain yang diciptakan, selain kebutuhan pengguna, yang harus dipertimbangkan dalam suatu desain adalah kondisi pengguna. Sarana dan prasarana ini bertujuan untuk membantu anak dan pembimbing melaksanakan proses terapi dengan mempertimbangkan beberapa faktor yaitu : keamanan, kenyamanan, dan keoptimalan proses terapi serta kesehatan dan juga bagi pengelola klinik yang mengharapkan sarana dan prasarana yang mudah dalam hal maintenance, awet serta moveble. Metode yang digunakan adalah dengan cara observasi langsung dan wawancara ke beberapa klinik dan SLB di Bekasi dan diperkuat dengan teori yang didapat dari buku dan internet. Sarana dan prasarana ini akan membantu proses belajar, bermain dan terapi untuk anak penyandang ADHD terapi awal. Sehingga menjadi lebih mudah, aman, nyaman, sehat, serta menguntungkan bagi pengelola klinik yang mengharapkan sarana dan prasarana yang mudah dalam hal maintenance, awet dan moveble kebutuhan untuk dapat dibongkar pasang dengan dibuat suatu sistem furniture belajar dan bermain untuk anak penyandang ADHD yang menggunakan sistem modular.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Sanusi, Iyus Susila
NIDN0425065901
Uncontrolled Keywords: ADHD, sistem furniture, sistem modular
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Produk
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:46
Last Modified: 12 Jul 2024 09:46
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item
View Item