EVALUASI KINERJA PELAYANAN BUS TRANS PATRIOT PADA KORIDOR 1 RUTE TERMINAL BEKASI – HARAPAN INDAH

Akhdaan, Jourast (2024) EVALUASI KINERJA PELAYANAN BUS TRANS PATRIOT PADA KORIDOR 1 RUTE TERMINAL BEKASI – HARAPAN INDAH. S1 thesis, Institut Teknologi Sains Bandung.

[thumbnail of TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_AWAL.pdf] Text
TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_AWAL.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_BAB 1.pdf] Text
TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_BAB 1.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_JURNAL.pdf] Text
TA_JOURAST AKHDAAN_113.19.025_JURNAL.pdf

Download (952kB)

Abstract

Upaya untuk mengurangi tingginya volume lalu lintas di jalan dapat dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan angkutan umum. Salah satu angkutan umum di Kota Bekasi adalah bus Trans Patriot. Namun, layanan ini belum digunakan secara maksimal oleh masyarakat di Kota Bekasi yang dapat dilihat dari rendahnya jumlah pengguna. Selain itu, pada koridor 1 rute Terminal Bekasi – Harapan Indah sering terjebak kemacetan sehingga seringkali mengalami keterlambatan waktu tempuh. Oleh karena itu diperlukan evaluasi kinerja pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Trans Patriot. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja untuk melihat kinerja layanan bus Trans Patriot, analisis persepsi dan preferensi pengguna untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap kinerja layanan dan harapan pengguna untuk peningkatan kinerja layanan, serta analisis pola pergerakan untuk melihat bagaimana pola pergerakan masyarakat di kota Bekasi. Kinerja layanan bus Trans Patriot berdasarkan analisis menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan khususnya pada load factor yang hanya memiliki nilai 17,2%. Persepsi dan preferensi pengguna menunjukkan kinerja pelayanan Trans Patriot cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata kesesuaian yang didapatkan dari pengguna sebesar 88,04%. Perlunya peningkatan layanan transportasi publik khususnya angkutan massal seperti layanan bus Trans Patriot terutama pada wilayah – wilayah yang memiliki pola pergerakan cukup tinggi agar dapat melayani mobilitas masyarakat di Kota Bekasi dan juga diharapkan mengatasi permasalahan transportasi yang saat ini terjadi di Kota Bekasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
Contribution
Contributors/Pembimbing
NIDN
Thesis advisor
Widodo, Heru
NIDN0419058204
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kinerja, Peningkatan kualitas, Transportasi publik, Trans Patriot
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Perpustakaan ITSB
Date Deposited: 21 Nov 2024 05:02
Last Modified: 21 Nov 2024 05:02
URI: https://repository.itsb.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item
View Item